Penerapan Media Aplikasi Gaman Rifan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi dan Hasil Belajar Siswa
Kata Kunci:
aplikasi, cerita fantasi, gambar animasi, media pembelajaranAbstrak
Media pembelajaran aplikasi Gaman Rifan diterapkan dalam pembelajaran materi menulis cerita fantasi di kelas 7, dengan tujuan untuk meningkatkan keterapilan menulis cerita dan hasil belajar siswa. Media ini dibuat dengan pertimbangan bahwa hampir seluruh siswa sudah memiliki ponsel Android dan mengadaptasi perkembangan teknologi informasi ke dalam pembelajaran. Aplikasi Gaman Rifan mudah diinstal pada ponsel dan dapat dioperasikan secara offline. Aplikasi Gaman Rifan berisi rangkaian gambar-gambar animasi yang sudah diurutkan berdasarkan struktur atau sistematika cerita untuk memandu siswa menuliskan cerita fantasi. Media ini diimplementasikan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil implementasi dalam dua siklus ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu dari 76,89 menjadi 89,31, kenaikan banyaknya siswa yang tuntas KKM yaitu dari 51,7% menjadi 100% tuntas KKM, dengan batas nilai KKM 76.
Unduhan
Referensi
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. lmsspada.kemdikbud.go.id: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist
Sukiyasa, Kadek dan Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Vokasi.
] Hidayatullah, Priyanto. Amarullah Akbar dan Zaky Rahim. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika Bandung.
Munir. (2013). MULTIMEDIA dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori & Pengembangannya. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Pendekatan Baru Sebagai Wujud Profesionalisme Guru Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Suhartini, Lilik Linawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.
