Inovasi Gulali Matematika Untuk Belajar Konsep Perkalian Pada Bilangan Bulat

Authors

  • Rohmawati Rohmawati SDN Tengklik, Jl. Kec. Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta
  • Helti L. Mampouw Pusat Studi Pendidikan Sains, Teknologi dan Matematika, Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

GULALI Matematika, operasi perkalian, bilangan bulat

Abstract

GULALI Matematika adalah media pembelajaran operasi perkalian pada bilangan bulat yang menggabungkan penggunaan contoh yang sudah dikenal siswa, peragaan operasi hitung dan aplikasi GULALI Matematika yang dikemas dengan konteks gunung dan lembah sesuai karakter geografi Gedangsari. GULALI Matematika dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tengklik pada materi operasi perkalian pada bilangan bulat. Hasil pembelajaran menggunakan GULALI Matematika menunjukkan capaian penguasaan materi sebanyak 96,7% siswa memenuhi KKM, keaktifan menjawab pertanyaan dan keaktifan bertanya sebesar 93,3% sangat baik dan baik serta 96,7% siswa dapat menceritakan operasi perkalian yang diperagakannya. GULALI Matematika ditopang oleh aplikasi berbasis android yang memuat penjelasan, animasi perkalian bilangan bulat dan evaluasi interaktif perkalian bilangan bulat.  GULALI Matematika disambut antusias oleh siswa karena dapat dijalanka mereka di rumah maupun di sekolah pada waktu yang fleksibel. Hasil ini menunjukkan bahwa GULALI Matematika dapat digunakan secara luas dan aplikasi GULALI Matematika dapat dipakai untuk belajar konsep perkalian pada bilangan bulat oleh siapa saja yang sudah memahami penjumlahan pada bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Z. Arifin, Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika, Lentera Cendekia: Surabaya, 2009.

M. V. Diantika, H. M. Mampouw, (2021), Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(02).

Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan Republik Indonesia. Permendikbud No.37 tahun 2018. Perubahan atas perauran Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

V. B. Pribadi, Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE, Prenada Media Group Jakarta, 2014.

P. Suparno, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Kanisius, 2001

-------. 2019. Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat. Ruang Belajar Channel.

U. A. Novika, H. L. Mampouw, (2020), Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 04(02).

Utami, D. Widi, H. L. Mampouw, (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: 421–27.

v.d Walle, A. John, Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2.: PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta, 2006.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=video&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiV9LHWn9zvAhWo7HMBHRX1ADMQtwIwAHoECAQQAw&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DkvwJ9y9W97A&usg=AOvVaw3Scr23YmGtsYBq4rYesQA2 diakses 2 Februari 2021.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=video&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiV9LHWn9zvAhWo7HMBHRX1ADMQtwIwAnoECAIQAw&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DCAj1GsmbbtA&usg=AOvVaw3Avsuv2BZmAouSfD0dYlHz diakses 5 Februari 2021.

https://www.youtube.com/watch?v=nQ7z-D9-0Ls diakses 5 Februari 2021.

Published

— Updated on 2022-07-17

How to Cite

Rohmawati, R., & Mampouw, H. L. (2022). Inovasi Gulali Matematika Untuk Belajar Konsep Perkalian Pada Bilangan Bulat. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(1), 13–24. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/5

Issue

Section

Abstract viewed: 325 times