Implementasi Media GASPOL untuk Mengatasi Minimnya Fasilitas Praktik
Keywords:
Gaspol, Trainer sistem penerangan Mobil, Game EdukasiAbstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Takari khususunya Jurusan Teknik Kendaraan Ringan masih konvensional yaitu metode ceramah karena minimnya fasilitas pendukung seperti bengkel dan alat praktek. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan membuat trainer sistem penerangan mobil untuk mendukung proses pembelajaran. Trainer yang sudah dibuat dikembangkan sesuai perkembangan teknologi yang saat ini di minati oleh semua anak-anak serta keinginan untuk transformasi pembelajaran di kelas yang inovatif melalui pemanfaatan teknologi interaktif berupa game edukasi. Game Edukasi yang di kembangkan adalah game berbasis android dan PC dengan nama GASPOL (Game Sistem Penerangan Mobil). Media GASPOL memiliki 3 (tiga) menu Penting yaitu materi, game dan kuis. Media GASPOL secara tidak langsung membuat siswa belajar secara mandiri dan membantu siswa belajar merangakai tanpa menunggu simulator. Jika sebelumnya kekurangan alat, siswa memakai simulator secara bergantian dan antri serta memerlukan waktu yang cukup lama untuk mempelajari rangkaiannya, tetapi tidak untuk saat ini karena semuanya dipelajari dalam media GASPOL dan hanya butuh waktu yang sangat singkat untuk mempraktekannya di media simulator. Saat belajar merangkai sistem penerangan menggunakan GASPOL dibutuhkan ketelitian yang tinggi karena jika gagal maka siswa harus kembali mengerjakan kuis dan mempelajari materi pada menu yang telah disiapkan.
Downloads
References
M.A.Muminin, S. Suhartadi, & Partono. (2021). Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran. 5(2). 31-36
Handriyantini, (2011). Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia (e-Indonesia Initiative). 130
W. H. Kristiyanto. (2019). Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 330
W.H. Kristiyanto. (2020). International Conference on Educational Innovation.
F.D.Ferry. (2013). Malang: Universitas Negeri Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abrao Mendonca do Espirito Santo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.