Penerapan PjBL dalam Pembelajaran Sistem Koloid pada Pembuatan Lotion Saiboak
Abstract
Perubahan pembelajaran di Era 4.0 mengharuskan pendidik bergerak cepat dalam melakukan penyesuaian pembelajaran yang dapat mengaktifkan ketrampilan sains dan berpikir kritis dengan mengintegrasikan potensi lokal. Project Based Learning pembuatan Lotion Saiboak (buah Lontar) dalam pembelajaran materi sistem koloid merupakan suatu praktik pembelajaran yang tepat bagi peserta didik untuk lebih memahami materi kimia sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan, melatih berpikir kritis dan melatih ketrampilan sains peserta didik, serta meningkatkan hasil belajar pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan model ADDIE, diuraikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penilaian validator terkait perangkat pembelajaran memperoleh nilai sebesar 90,6 %. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 77,7. Terdapat kenaikan jumlah peserta didik yang tuntas KKM sebesar 66,6% pada penilaian postes. Hasil penilaian melalui instrumen lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran dapat disimpulkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, mampu berpikir kritis dan ketrampilan sains meningkat.
Downloads
References
Yance, R. D. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1).
Kolan, Y. M., & Rondonuwu, F. (2022). Pembelajaran Induksi Magnet Melalui Aktivitas Mencipta. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, 1(1), 1-12.
Yasmansyah, Y. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29-34.
Adri, M., Wahyuni, T. S., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using ADDIE instructional model to design blended project-based learning based on production approach. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1899-1909.
D. A. Novianti and J. Susilowibowo, “Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran,” J. Pendidik., vol. 03, no. 01, pp. 1–9, 2015.
A. G. Wijanarko, K. I. Supardi, and P. Marwoto, “Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA,” J. Prim. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 120–125, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Magfirah, Yolanda Dhika Andani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.