Penerapan PjBL dalam Pembelajaran Sistem Koloid pada Pembuatan Lotion Saiboak

Authors

  • Sri Magfirah SMA Negeri 1 Rote Barat, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao
  • Yolanda Dhika Andani SMA NEGERI 1 ROTE BARAT

Abstract

Perubahan pembelajaran di Era 4.0 mengharuskan pendidik bergerak cepat dalam melakukan penyesuaian pembelajaran yang dapat mengaktifkan ketrampilan sains dan berpikir kritis dengan mengintegrasikan potensi lokal. Project Based Learning pembuatan Lotion Saiboak (buah Lontar) dalam  pembelajaran materi sistem koloid merupakan suatu praktik pembelajaran yang tepat bagi peserta didik untuk lebih memahami materi kimia sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan, melatih berpikir kritis dan melatih ketrampilan sains peserta didik, serta meningkatkan hasil belajar pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan model ADDIE, diuraikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penilaian validator terkait perangkat pembelajaran memperoleh nilai sebesar  90,6 %. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 77,7. Terdapat kenaikan jumlah peserta didik yang tuntas KKM sebesar 66,6% pada penilaian postes. Hasil penilaian melalui instrumen lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran dapat disimpulkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, mampu berpikir kritis dan ketrampilan sains meningkat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yance, R. D. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1).

Kolan, Y. M., & Rondonuwu, F. (2022). Pembelajaran Induksi Magnet Melalui Aktivitas Mencipta. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, 1(1), 1-12.

Yasmansyah, Y. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29-34.

Adri, M., Wahyuni, T. S., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using ADDIE instructional model to design blended project-based learning based on production approach. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1899-1909.

D. A. Novianti and J. Susilowibowo, “Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran,” J. Pendidik., vol. 03, no. 01, pp. 1–9, 2015.

A. G. Wijanarko, K. I. Supardi, and P. Marwoto, “Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA,” J. Prim. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 120–125, 2017.

Published

2022-12-31

How to Cite

Magfirah, S., & Andani, Y. D. (2022). Penerapan PjBL dalam Pembelajaran Sistem Koloid pada Pembuatan Lotion Saiboak. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(2), 106–113. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/17

Issue

Section

Abstract viewed: 332 times