Implementasi Media CS-G untuk mengungkap Gaya Komunikasi Siswa
Keywords:
CS-G, gaya komunikasiAbstract
Comunication Style-Game (CS-G) adalah media pembelajaran berbasis digital dalam layanan Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Leuwiliang yang mendukung pengungkapan gaya komunikasi siswa secara mandiri. Gaya komunikasi dibagi 3 kelompok yakni gaya pasif yang cenderung mengalah dan menghindari konflik, gaya tegas yang cenderung tegas tapi tidak menyerang orang lain dan gaya agresif yang cenderung keras dan menyerang. Ketiga gaya komunikasi tersebut sangat penting dipahami oleh siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dalaam kehidupan sehari-hari. Media CS-G dikembangkaan menggunakan aplikasi berbasis android yang digunakan secara interaktif berisi konten untuk menyimpulkan gaya komunkasi siswa. Hasil layanan Bimbingan dan Konseling setelah menggunakan CS-G menunjukkan capaian 92% siswa yang mempunyai nilai sangat baik pada siswa kelas X1 Multimedia 2 dengan indikator mengkomunikasikan hasil CS-G, mengevaluasi keadaan dirinya dan menentukan penilaian diri sendiri di dalam berkomunikasi.
Downloads
References
Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana. //books.google.co.id/books?id=Vzq2DwAAQBAJ&pg=PA256&lpg=PA256&dq=Heffner+(1997)+mengklasifikasikan+ulang+gaya+komunikasi+dari+McCallister+(1992)&source=bl&ots=3TtfY5G3CA&sig=ACfU3U3CELZjXZrclWG4crcOWQqtMmeOGA&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwikjsKyqrj2AhUrT2wGHdFRBTgQ6AF6BAgKEAM#v=onepage&q=Heffner%20(1997)%20mengklasifikasikan%20ulang%20gaya%20komunikasi%20dari%20McCallister%20(1992)&f=false, 2 Februari 2020.
Karyaningsih, Ponco Dewi. 2018. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/ilmu_komunikasi_siap_cetak.pdf 1 Februari 2020
Diantika, May Vara., Mampouw, Helti Lygia. 2021. Pengembangan Media Bimbel untuk Materi Perbandingan Senilai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.5 No.2 (2021).
Rohmawati., Mampouw, Helti Lygia. 2022. Inovasi Gulali Matematika untuk Belajar Konseo Perkalian pada Bilangan Bulat. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran. Vol.1 No.1 (2022).
Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Pendekatan Baru Sebagai Wujud Profesionalisme Guru Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Sugandhi, Ugan., Kristiyanto, W.H. 2022. Media Pembelajaran SmArtHome untuk Membelajarkan Literasi Digital Siswa SMP. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran. Vol.1 No.1 (2022).
Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Latipaatinupu, Helti Lygia Mampouw

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.