Implementasi Media CS-G untuk mengungkap Gaya Komunikasi Siswa

Penulis

  • Latipatinupus SMK Negeri 1 Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Helti Lygia Mampouw Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikaan, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga, Indonesia

Kata Kunci:

CS-G, gaya komunikasi

Abstrak

Comunication Style-Game (CS-G) adalah media pembelajaran berbasis digital dalam layanan Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Leuwiliang yang mendukung pengungkapan gaya komunikasi siswa secara mandiri. Gaya komunikasi dibagi 3 kelompok yakni gaya pasif yang cenderung mengalah dan menghindari konflik, gaya tegas yang cenderung tegas tapi tidak menyerang orang lain dan gaya agresif  yang cenderung keras dan menyerang. Ketiga gaya komunikasi tersebut sangat penting dipahami oleh siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik  dalaam kehidupan sehari-hari. Media CS-G dikembangkaan menggunakan aplikasi berbasis android yang digunakan secara interaktif berisi konten untuk menyimpulkan gaya komunkasi siswa. Hasil layanan Bimbingan dan Konseling setelah menggunakan CS-G menunjukkan capaian 92% siswa yang mempunyai nilai sangat baik pada siswa kelas X1 Multimedia 2 dengan indikator mengkomunikasikan hasil CS-G, mengevaluasi keadaan dirinya dan menentukan penilaian diri sendiri di dalam berkomunikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana. //books.google.co.id/books?id=Vzq2DwAAQBAJ&pg=PA256&lpg=PA256&dq=Heffner+(1997)+mengklasifikasikan+ulang+gaya+komunikasi+dari+McCallister+(1992)&source=bl&ots=3TtfY5G3CA&sig=ACfU3U3CELZjXZrclWG4crcOWQqtMmeOGA&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwikjsKyqrj2AhUrT2wGHdFRBTgQ6AF6BAgKEAM#v=onepage&q=Heffner%20(1997)%20mengklasifikasikan%20ulang%20gaya%20komunikasi%20dari%20McCallister%20(1992)&f=false, 2 Februari 2020.

Karyaningsih, Ponco Dewi. 2018. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/ilmu_komunikasi_siap_cetak.pdf 1 Februari 2020

Diantika, May Vara., Mampouw, Helti Lygia. 2021. Pengembangan Media Bimbel untuk Materi Perbandingan Senilai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.5 No.2 (2021).

Rohmawati., Mampouw, Helti Lygia. 2022. Inovasi Gulali Matematika untuk Belajar Konseo Perkalian pada Bilangan Bulat. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran. Vol.1 No.1 (2022).

Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Pendekatan Baru Sebagai Wujud Profesionalisme Guru Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugandhi, Ugan., Kristiyanto, W.H. 2022. Media Pembelajaran SmArtHome untuk Membelajarkan Literasi Digital Siswa SMP. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran. Vol.1 No.1 (2022).

Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Latipatinupus, & Mampouw, H. L. (2022). Implementasi Media CS-G untuk mengungkap Gaya Komunikasi Siswa. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(2), 114–122. Diambil dari https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/20

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed: 279 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama