Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kotak KABA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Aljabar Binomial

Authors

  • Fortunata Agnesia Koten SMPN 18 Borong, TANGGO, Kota Ndora, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur,NTT
  • Feby Zulhiyah Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim, Jl. Gaya Motor Raya, Sunter II No.8 Lt. 5, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Keywords:

kotak kaba, hasil belajar, motivasi belajar, aljabar binomial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Kotak KABA terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi Aljabar Binomial. Kotak KABA adalah media pembelajaran matematika yang terdiri dari papan media bermagnet dan kartu bilangan.yang digunakan untuk membantu siswa memahami materi perkalian aljabar binomial. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Efektivitas diukur menggunakan T-Test One Way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pemblelajaran Kotak KABA terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan hasil yang signifikan dengan peningkatan rata-rata sebesar 37.5%. Selain itu, Media Kotak KABAmendapat respon baik dari peserta didik yang menunjukkan bahwa Kotak KABA efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Ardiningtyas, T.H. Harahap, & E.M. Panggabean. (2023) Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), pp. 66–71

A. Badawi, Richmad, & A. Agoestanto. (2016). Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(3), pp. 182–189

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid, Kemendikbudristek.

S. Suradi. (2007). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, pp. 532–544

L. Farida. (2023). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(4), pp. 406–413

D. Rahmawati. (2020). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), pp. 219–232.

W.H. Kristiyanto. (2017). Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. 261-269

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Koten, F. A. ., & Zulhiyah, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kotak KABA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Aljabar Binomial. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 76–83. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/46

Issue

Section

Abstract viewed: 34 times