Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Lingkungan Sekitar
Keywords:
kemampuan literasi, PjBL, lingkungan sekitarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar peserta didik kelas 6 SD GMIT Mbueain melalui pembelajaran berbasis proyek bermedia lingkungan sekitar. Instrumen-instrumen pembelajaran disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dengan melibatkan empat dimensi literasi sains. Berdasarkan analisis tes hasil belajar diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata dari 68,98 (siklus 1) ke 82,13 (siklus 2) yang sudah melampaui KKM (70). Aktivitas peserta didik terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 33,5 (siklus 1) ke 48,5 (siklus 2). Kemampuan guru mengelola pembelajaran pun terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 3,05 (siklus 1) menjadi 3,95 (siklus 2). Karena sudah memenuhi setiap indikator maka pembelajaran dinyatakan telah berhasil di siklus II. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan pembelajaran berbasis proyek bermedia lingkungan sekitar sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2018). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar, 5(3), 152–162.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/ view/1136
Magdalena, I., Sumiyani, Sa’odah, & Huliatunisa. (2019). Membangun Karakter Anak Bangsa Generasi Z Berkemajuan Melalui Budaya Literasi dan Anti Bullying. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2019, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/ 5417
Efendi, N., Nelvianti, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64.
http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran. K-Media.
Tinenti, Y. R. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran kelas (Issue September). deepublish.
Eviani, S. U., & Sabri, T. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi Sains IPA kelas V SD. Pendidikan dan Pembelajaran, 1, 1–13.
Eviani, S. U., & Sabri, T. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains ipa kelas v sd. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 1–13.
Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ota Bendalina Boboy, Albertus Sigit Pradipta, Alfons Bunga Naen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.