Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Lingkungan Sekitar

Authors

  • Ota Bendalina Boboy SD GMIT Mbueain, Jln. Oenitas-Mbueain, Kec. Rote Barat Kab. Rote Ndao, NTT
  • Albertus Sigit Pradipta SD GMIT Mbueain, Jln. Oenitas-Mbueain, Kec. Rote Barat Kab. Rote Ndao, NTT
  • Alfons Bunga Naen Universitas Katolik Widya Mandira, Jl. San Juan No.1 Kab. Kupang, NTT

Keywords:

kemampuan literasi, PjBL, lingkungan sekitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar peserta didik kelas 6 SD GMIT Mbueain melalui pembelajaran berbasis proyek bermedia lingkungan sekitar. Instrumen-instrumen pembelajaran disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dengan melibatkan empat dimensi literasi sains. Berdasarkan analisis tes hasil belajar diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata dari 68,98 (siklus 1) ke 82,13 (siklus 2) yang sudah melampaui KKM (70). Aktivitas peserta didik terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 33,5 (siklus 1) ke 48,5 (siklus 2). Kemampuan guru mengelola pembelajaran pun terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 3,05 (siklus 1) menjadi 3,95 (siklus 2). Karena sudah memenuhi setiap indikator maka pembelajaran dinyatakan telah berhasil di siklus II. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan pembelajaran berbasis proyek bermedia lingkungan sekitar sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2018). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar, 5(3), 152–162.

Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/ view/1136

Magdalena, I., Sumiyani, Sa’odah, & Huliatunisa. (2019). Membangun Karakter Anak Bangsa Generasi Z Berkemajuan Melalui Budaya Literasi dan Anti Bullying. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2019, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/ 5417

Efendi, N., Nelvianti, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64.

http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.

Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran. K-Media.

Tinenti, Y. R. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran kelas (Issue September). deepublish.

Eviani, S. U., & Sabri, T. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi Sains IPA kelas V SD. Pendidikan dan Pembelajaran, 1, 1–13.

Eviani, S. U., & Sabri, T. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains ipa kelas v sd. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 1–13.

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Published

2022-12-31

How to Cite

Boboy, O. B., Pradipta, A. S., & Naen, A. B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Lingkungan Sekitar. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(2), 130–139. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/21

Issue

Section

Abstract viewed: 153 times