Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Kerang
Keywords:
Pembelajaran tindakan kelas, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Media kerangAbstract
Masalah yang dihadapi di kelas VIA SD GMIT Oelolot yaitu rendahnya keaktifan peserta didik di kelas dan sulitnya memahami operasi-operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi operasi bilangan bulat peserta didik kelas VI SD GMIT Oelolot Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan media Kerang. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Berdasarkan analisis tes hasil belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 60 (siklus 1) ke 86,76 (siklus 2) yang sudah melampaui KKM (70). Aktivitas peserta didik terkategori sangat baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 66,96 (siklus 1) ke 89,29 (siklus 2). Kemampuan guru mengelola pembelajaran pun terkategori baik yang ditunjukkan oleh peningkatan skor hasil pengamatan dari 3,00 (siklus 1) menjadi 3,73 (siklus 2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kerang berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi operasi bilangan bulat.
Downloads
References
Susianto, H. (2017). Penerapan Alat Peraga Keping Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(1), 18. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.20
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Pendidikan, 2(1), 23–31.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Nuraeni, N.-, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Cope, L. (2015). DONE- Math Manipulatives: Making the Abstract Tangible. Delta Journal of Education, 5(1), 10–19.
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Yusof, J., & Lusin, S. (2013). The role of manipulatives in enhancing pupils’ understanding on fraction concepts. International Journal for Infonomics, 6(3/4), 750–755. https://doi.org/10.20533/iji.1742.4712.2013.0087
Marshall, L., & Swan, P. (2008). Exploring the Use of Mathematics Manipulative Materials: Is It What We Think It Is? Edu-Com, November 2008, 19–21. http://ro.ecu.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1032&context=ceducom (consult? le 4 juin 2014)
Cockett, A., Kilgour, P. W., Cockett, A., & Kilgour, P. (2015). Mathematical Manipulatives: Creating an Environment for Understanding , Efficiency , Engagement, and Enjoyment Mathematical manipulatives : Creating an environment for understanding , efficiency , engagement , and enjoyment. Teach Collection of Christian Education, 1(1), 47–54.
Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Pendekatan Baru Sebagai Wujud Profesionalisme Guru Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Horiana Henderina Dethan, Andrias Banu Pradipto, Wilfridus Dosinaeng, Alfons Bunga Naen, Kristoforus Djawa Djong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.