T-Card (Think Card): Media Pembelajaran Sains Berbasis Learn Play Implementation Method Pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Dan Hewan Terintegrasi Barcode

Authors

  • Benyamin Jemat SMP Negeri 1 Borong, Jln. Ki Hajar Dewantara Golo Karot Kelurahan Ranaloba Kec. Borong Kabupaten Manggarai Timur Flores Prov. NTT
  • Wiwirinus Bitin SMP Negeri 1 Borong, Jln. Ki Hajar Dewantara Golo Karot Kelurahan Ranaloba Kec. Borong Kabupaten Manggarai Timur Flores Prov. NTT

Keywords:

T-Card, media pembelajaran, Learn Play Implementation, keanekaragaman tumbuhan dan hewan, pembelajaran IPA

Abstract

Kebutuhan akan metode pembelajaran yang dinamis dan inklusif mendorong lahirnya T-CARD (Think Card) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran sains T-CARD (Think Card) berbasis learn play implementation, dan mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analys, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 1 Borong kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian ini menggunakan angket uji kelayakan ahli media dengan rata-rata penilaian 4,2 dengan kriteria baik, rata-rata ahli materi 3,5 yang masuk dalam kategori baik, angket respon siswa mendapat rata-rata 4,6 dalam kategori sangat baik dan siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media permainan kartu T-CARD. (2) berdasarkan analisis peningkatan prestasi belajar sebelum dan setelah menggunakan kartu T-CARD dengan gain score diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci: T-Card, media pembelajaran, Learn Play Implementation, keanekaragaman tumbuhan dan hewan, pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. A. Rahmawati e P. , “Implementation of E-Module Integrated Science Based on Joyful Learning,” Journal of Environmental and Science Education, vol. I, pp. 125-134, 2021.

F. T. Nomleni dan N. . P. A , “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Higher Order Thingking Skilss Siswa pada IPA Biologi di SMP Negeri 10 Kota Kupang,” BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 3, no. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/42138, p. 2, 2020.

S. F. Idris e H. Y. Suhendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “GEMBI” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 5, nº https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/7460/2783, p. 1, 2023.

S. Prihatiningtyas, M. H. Arrofi’uddin e N. A. S. Pertiwi, “Learning Media of Physics-Based on Google Sites with QR Code on Particle Dynamics Material,” Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 2, nº DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jgs.10.2.134-143, pp. 134-143, 2022.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” 2015.

Branch e R. Maribe, “Instructional Design,” Instructional Design The ADDIE Approach. Instructional , nº https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6. , 2010.

S. Alifani e I. Sumpono, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran E-Learning Berbantuan Media Sosial Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Unnes Physics Education Journal, vol. 2, nº http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej, p. 12, 2023.

E. Yulia, S. Riadi e B. Nursanni, “The Validity of Interactive Multimedia on Metal Coating Learning DevelopedUsing the ADDIE Model,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 5, nº http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/index, p. 9, 2023.

A. S. Srintin, D. Setyadi e H. L. Mampouw, “PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU UMINO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKAOPERASI BILANGAN BULAT,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, nº https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/89/68, p. 1, 2019.

G. A. Wulantika e H. Subrata, “PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KERMORAJA (KERTU MONOPOLI AKSARA JAWA),” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 10, nº https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/48539, p. 8, 2022.

Darmadi, “Asyiknya Belajar Sambil Bermain,” Guepedia, 2018.

A. N. D. Widayanti, H. Fitrihidajati e A. N. M. Fauzia, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIPEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS VII,” Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, vol. 4, nº https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15834, p. 3, 2016.

Taufik, A. Suryadi e D. Wicaksono, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA,” Jurnal Instruksional, vol. 4, p. 1, 2022.

M. Walidiati, M. Tahir e A. N. Rahmatih, “Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA,” Journal of Classroom Action Research, vol. 5, nº https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868, p. 4, 2023.

Published

2024-07-31

How to Cite

Jemat, B. ., & Bitin, W. (2024). T-Card (Think Card): Media Pembelajaran Sains Berbasis Learn Play Implementation Method Pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Dan Hewan Terintegrasi Barcode. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/48

Issue

Section

Abstract viewed: 308 times