Penggunaan Media Magerua Game pada Pembelajaran Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar

Penulis

  • Dwi Hildina Sengga Rani SD NEGERI KEMBUR
  • Maria Angela Dadi SD Negeri Kembur Kelurahan Satar Peot, Kecamatan, Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur
  • Merlin R. Corilian Duka SD Negeri Kembur Kelurahan Satar Peot, Kecamatan, Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur

Kata Kunci:

hasil belajar, media belajar, magerua game

Abstrak

Penelitian ini membahas masalah rendahnya hasil belajar siswa di SDN Kembur, khususnya pada mata pelajaran matematika di kelas III terkait konsep luas dan keliling bangun datar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media magerua game. Media Magerua Game diperkenalkan sebagai solusi inovatif dengan menggabungkan permainan board game dan unsur budaya cerita rakyat daerah, yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa, kolaborasi, serta kecintaan terhadap budaya lokal. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini dilakukan untuk menghasilkan media Magerua Game yang interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan Magerua Game, rata-rata nilai siswa adalah 45 persen. Setelah penerapan media tersebut, rata-rata nilai siswa meningkat signifikan menjadi 84,16 persen. Temuan ini membuktikan bahwa Magerua Game efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep luas dan keliling bangun datar, serta hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. R. Acharya. (2017). International Journal of Elementary Education, vol. 6, no. 2, pp. 8-15

R. Rohana, Y. Hartono, & P. Purwoko. (2009). Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 92-102

A. Kristanto, A. Mariono, & D. W. Nuryati. (2018). Journal of Physics: Conference Series, vol. 947, no. 1, p. 012054.

S. Nalle & J. L. Asih. (2019). Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 45-53, 2022.

A. Wijaya, B. Setiawan, dan R. Kurniawan, "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa," *Jurnal Pendidikan Teknologi*, vol. 12, no. 1, pp. 45-56.

A. Sari, A., et al. (2020). Journal of Educational Technology, vol. 12, no. 3, pp. 45-56.

H.L. Mampouw, W.H. Kristiyanto, & Y.P. Pradana. (2022). AIP Conference Proceedings. 2542, 040003.

F. Rahmawati, & D. Kusuma, D. (2021). Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 102-110.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Dwi Hildina Sengga Rani, Dadi, M. A., & Duka, M. R. C. (2024). Penggunaan Media Magerua Game pada Pembelajaran Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 42–47. Diambil dari https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/57

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed: 91 times

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.