Pengembangan Media Pangat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD
Keywords:
media pangat, pengembangan media ips, pemahaman siswa, nama pahlawan nasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pangat guna meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi nama – nama Pahlawan Nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dalam perancangan, pembuatan hingga ujicoba. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap siswa, awalnya ditemukan bahwa terdapat 52,94 % atau sekitar 9 siswa dari 17 siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi nama – nama Pahlawan Nasional Indonesia pada mata Pelajaran IPS dikarenakan guru kurang dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Setelah diimplementasikan, siswa merasa pembelajaran IPS dengan menggunakan media Pangat sangat menyenangkan sehingga 82,35% atau sekitar 14 siswa setuju untuk dikembangkannya media pembelajaran berupa media Pangat, yaitu Papan Game Cermat. Simpulan penelitian ini bahwa dengan menggunakan media Pangat dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Downloads
References
Sapriya. (2009). Remaja Rosdakarya, 2009
R.I. Talitha, & T.C. Sari. (2016). Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol.1(2), 231–241
Suprijono, A. (2009). Pustaka Pelajar. Yogyakarta
W.H. Kristiyanto. (2017). Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. 261-269
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung
W.H. Kristiyanto, F.S. Meta, & Nurjanawati. (2020). Gavamedia. Yogyakarta
D.C. Trisanti, & I.G.M., Sanjaya. (2013). Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 181–187.
A. Buchori, & R.D. Setyawati. (2015). International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.
N. Hayati, M.Y. Ahmad, & F. Harianto. (2017). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160– 180.
HALISAH, Nur; MAKSUM, Arifin; WARDHANI, Prayuningtyas Angger. Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan IPS SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4.2: 131-140.
Sabdarini, Christina, A.S. Egok, dan Aswarliansyah. (2021). Jurnal Basicedu, 5(5), 3765-3777.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Agustiani, Hironima Yasinta Kapur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.