Pengembangan Media Pangat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD

Authors

  • Rini Agustiani SD Negeri 005 Sepaku, Jl. Ahmad Yani RT 15 Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Hironima Yasinta Kapur

Keywords:

media pangat, pengembangan media ips, pemahaman siswa, nama pahlawan nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pangat guna meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi nama – nama Pahlawan Nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dalam perancangan, pembuatan hingga ujicoba. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap siswa, awalnya ditemukan bahwa terdapat 52,94 % atau sekitar 9 siswa dari 17 siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi nama – nama Pahlawan Nasional Indonesia pada mata Pelajaran IPS dikarenakan guru kurang dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Setelah diimplementasikan, siswa merasa pembelajaran IPS dengan menggunakan media Pangat sangat menyenangkan sehingga 82,35% atau sekitar 14 siswa setuju untuk dikembangkannya media pembelajaran berupa media Pangat, yaitu Papan Game Cermat. Simpulan penelitian ini bahwa dengan menggunakan media Pangat dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sapriya. (2009). Remaja Rosdakarya, 2009

R.I. Talitha, & T.C. Sari. (2016). Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol.1(2), 231–241

Suprijono, A. (2009). Pustaka Pelajar. Yogyakarta

W.H. Kristiyanto. (2017). Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. 261-269

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung

W.H. Kristiyanto, F.S. Meta, & Nurjanawati. (2020). Gavamedia. Yogyakarta

D.C. Trisanti, & I.G.M., Sanjaya. (2013). Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 181–187.

A. Buchori, & R.D. Setyawati. (2015). International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

N. Hayati, M.Y. Ahmad, & F. Harianto. (2017). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160– 180.

HALISAH, Nur; MAKSUM, Arifin; WARDHANI, Prayuningtyas Angger. Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan IPS SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4.2: 131-140.

Sabdarini, Christina, A.S. Egok, dan Aswarliansyah. (2021). Jurnal Basicedu, 5(5), 3765-3777.

Published

2024-07-31

How to Cite

Agustiani, R. ., & Kapur, H. Y. . (2024). Pengembangan Media Pangat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 12–22. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/59

Issue

Section

Abstract viewed: 18 times