Efektivitas Papan Permainan GESITESKAP dalam Meningkatkan Hasil Belajar Eksponen

Authors

  • Veronika Venkurnia SMK Negeri 1 Borong, Satar, Peot, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur, NTT

Keywords:

GESITESKAP, eksponen, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Eksponen termasuk materi abstrak dan memerlukan pemahaman mendalam bagi siswa SMK. Belajar konsep eksponen dan implementasinya telah menjadi tantangan bagi siswa, sekaligus menjadi peluang bagi guru untuk mengangkat konteks pengalaman siswa dalam pembelajaran eksponen. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media GESITESKAP yang valid, efektif, dan praktis serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi eksponen. Model pengembangan ADDIE dipilih untuk mengembangkan media GESITESKAP berbahan utama papan permainan kombinasi  konsep permainan ular tangga dan monopoli, serta menggunakan alur cerita petualangan rakyat dari daerah Manggarai Timur. GESITESKAP dirancang untuk membantu siswa dalam memahami materi eksponen melalui konsep yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil implementasi media GESITESKAM menunjukkan terdapatnya peningkatan pemahaman 31 siswa dari semula rata-rata kelas 24 menjadi 72 pada skala 100, dengan 90,3% siswa melampaui kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil non kognitif menunjukkan minat belajar matematika yang baik dari siswa terhadaap pembelajaran yang terlaksana.  Pencapaian ini merekomendasikan penggunaan media GESITESKAP pada skala belajar yang lebih luas, dengan pendekatan pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi masing-masing kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Tangerang: Penerbit Jejak.

Tiwow, D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematics, Vol. 4 No.2, Juni 2022. Halaman 107-202.

Koten, Fortunata Agnesia., Feby Zulhiyah. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kotak KABA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Aljabar Binomial. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, Volume 2 No. 1 Oktober 2024,. Halaman 72-87.

Ndun, Simson P., Mawinda S. Boimau, Helti Lygia Mampouw. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Senilai Menggunakan Media Permainan Engklek Pecahan. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, Volume 1 No. 2, Desember 2022. Halaman 123-129.

Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Keputusan Kepala BSKAP No.32/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anah Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Rusti, E.R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa di Kelas 5 di SDN 1 Kalibunder. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Volume 6, Nomor 1, Juni 2023. Halaman 1-4.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Venkurnia, V. . (2024). Efektivitas Papan Permainan GESITESKAP dalam Meningkatkan Hasil Belajar Eksponen. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(2), 113–122. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/47

Issue

Section

Abstract viewed: 9 times