Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Android Seni Budaya Kelas VII dan Papan Gantung Notasi

Penulis

  • Yulida Nur Fajriani SMP Negeri 2 Penajam Paser Utara, Jl, Negara KM 35 RT 13 Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku Kab. Penajam Paser Utara
  • Purnawan Hendra SMP Negeri 2 Penajam Paser Utara, Jl, Negara KM 35 RT 13 Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku Kab. Penajam Paser Utara

Kata Kunci:

pendidikan seni budaya, aplikasi, bernalar kritis, kreatif

Abstrak

Melihat pentingnya Pendidikan Seni Budaya dalam mengembangkan potensi dan kepribadian peserta didik, maka sekolah harus mampu menyelenggarakan pembelajaran Seni Budaya yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini diangkat dari adanya sebuah masalah di kelas, berupa keterbatasan sumber belajar seperti buku pegangan siswa mata pelajaran seni budaya, sehingga dapat berpengaruh pada kurangnya minat anak dalam belajar seni budaya. Tujuan penelitian ini adalah dengan adanya karya inovasi menggunakan media pembelajaran berbasis digital berupa aplikasi android dan permainan pembelajaran menggunakan media papan gantung notasi, siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan lebih tertarik dalam pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Guru membuat sebuah solusi dengan menggunakan aplikasi android yang dapat diakses melalui handphone masing-masing peserta didik dan pemanfaatan penggunaan media papan gantung sebagai alat untuk memudahkan proses pembelajaran. Dalam prosesnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen agar terlihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi notasi balok. Setelah melakukan implementasi, siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan lancar. Siswa juga berpartisipasi aktif dan bekerja sama dengan baik di kelas maupun di luar kelas. Siswa sangat antusias selama mengikuti pembelajaran dan mengalami peningkatan hasil belajar. Selain itu siswa telah menerapkan Profil Pelajar Pancasila yakni bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Herawati (2018) Jurnal memahami proses belajar anak

W.H. Kristiyanto. (2019). 6th Internasional Conference on Educational Research and Innovation. Atlantis Press. Vol 330. 195-199.

S. Sutikno (2007). PT. Refika Aditama. Bandung

T. Nurrita. (2018). Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist

Sukiyasa, Kadek & Sukoco. (2013). Jurnal Pendidikan Vokasi.

C.C. Bonwell, & J.A. Eison. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. Washington.

W.H. Kristiyanto. (2017). Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. 261-269

N. Lailah,(2003). Universitas Islam Negeri.Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Nur Fajriani, Y., & Hendra, P. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Android Seni Budaya Kelas VII dan Papan Gantung Notasi. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 57–64. Diambil dari https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/51

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed: 72 times