PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DOMBAKU PERGI UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN ASLI

Authors

  • Dedy Saputra SD Negeri 2 Kertosari Jl. Raya Kertosari Kec. Tanjung Sari Kab. Lampung Selatan

Keywords:

Dakon, Dombaku Pergi, Penjumlahan, Pengurangan

Abstract

Aritmatika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan yang melibatkan penyimpanan dan operasi pengurangan yang melibatkan peminjaman, terutama pada saat meletakkan bilangan pada nilai tempat yang semestinya. Kesulitan siswa ini pada akhirnya mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat peraga Dombaku Pergi. Dombaku Pergi adalah alat peraga berbasis dakon yang dapat digunakan untuk membantu dalam belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli. Pembelajaran dilakukan di SD Negeri 2 Kertosari kelas 2A. Hasil belajar siswa kelas 2A materi penjumlahan meningkat sebesar 12,42 poin dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 15,15%, sedangkan untuk materi pengurangan meningkat sebesar 13,03 poin dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 12,12%. Hasil ini menunjukkan bahwa alat peraga Dombaku Pergi dapat meningkatkan hasil belajar menghitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2A SD Negeri 2 Kertosari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Negoro, ST Dan B Harahap. (1998). Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tamyis. (2008). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA ASSALAM Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. Metro: Tidak Diterbitkan.

Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Group.

Published

2024-12-31

How to Cite

Saputra, D. (2024). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DOMBAKU PERGI UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN ASLI. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(2), 142–149. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/69

Issue

Section

Abstract viewed: 7 times