PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DOMBAKU PERGI UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN ASLI
Keywords:
Dakon, Dombaku Pergi, Penjumlahan, PenguranganAbstract
Aritmatika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan yang melibatkan penyimpanan dan operasi pengurangan yang melibatkan peminjaman, terutama pada saat meletakkan bilangan pada nilai tempat yang semestinya. Kesulitan siswa ini pada akhirnya mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat peraga Dombaku Pergi. Dombaku Pergi adalah alat peraga berbasis dakon yang dapat digunakan untuk membantu dalam belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli. Pembelajaran dilakukan di SD Negeri 2 Kertosari kelas 2A. Hasil belajar siswa kelas 2A materi penjumlahan meningkat sebesar 12,42 poin dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 15,15%, sedangkan untuk materi pengurangan meningkat sebesar 13,03 poin dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 12,12%. Hasil ini menunjukkan bahwa alat peraga Dombaku Pergi dapat meningkatkan hasil belajar menghitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2A SD Negeri 2 Kertosari.
Downloads
References
Negoro, ST Dan B Harahap. (1998). Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tamyis. (2008). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA ASSALAM Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. Metro: Tidak Diterbitkan.
Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedy Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.