Boardgame Gameko: Mengubah Pembelajaran Ekosistem Kelas 5 Menjadi Pengalaman Belajar Yang Asyik
Keywords:
Media Belajar, GAMEKOAbstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi ekosistem merupakan bagian penting dalam kurikulum kelas 5. Matei ini diberikan dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara makhluk hidup dan keseimbangan ekosistem. Pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung cenderung monoton dan mudah jenuh sehingga hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diciptakanlah media pembelajaran boardgame Gerakan Menjaga Ekosistem (disingkat, GAMEKO), yang dirancang khusus untuk menyajikan materi ekosistem secara menarik dan menyenangkan. Penggunaan media GAMEKO terbukti dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pemahaman siswa tentang rantai makanan, keseimbangan ekosistem, dan hasil belajar seluruh siswa siswa mencapai bahkan melampaui KKM.
Downloads
References
E. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2012.
D. W. Johnson and R. T. Johnson, Cooperation and the Use of Technology. New York: The Guilford Press, 2004.
B. Joyce, M. Weil, and E. Calhoun, Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon, 2004.
A. W. Santrock, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rusnah, Mawinda S. Boimau, Merlin R. C. Duka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.