Boardgame Gameko: Mengubah Pembelajaran Ekosistem Kelas 5 Menjadi Pengalaman Belajar Yang Asyik

Authors

  • Rusnah SD Inpres Kota Ndora, Kelurahan Kota Ndora, Manggarai Timur, NTT
  • Mawinda S. Boimau SD Inpres Kota Ndora, Kelurahan Kota Ndora, Manggarai Timur, NTT
  • Merlin R. C. Duka SD Inpres Kota Ndora, Kelurahan Kota Ndora, Manggarai Timur, NTT

Keywords:

Media Belajar, GAMEKO

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi ekosistem merupakan bagian penting dalam kurikulum kelas 5. Matei ini diberikan dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara makhluk hidup dan keseimbangan ekosistem. Pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung cenderung monoton dan mudah jenuh sehingga hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diciptakanlah media pembelajaran boardgame Gerakan Menjaga Ekosistem (disingkat, GAMEKO), yang dirancang khusus untuk menyajikan materi ekosistem secara menarik dan menyenangkan. Penggunaan media GAMEKO terbukti dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pemahaman siswa tentang rantai makanan, keseimbangan ekosistem, dan hasil belajar seluruh siswa siswa mencapai bahkan melampaui KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2012.

D. W. Johnson and R. T. Johnson, Cooperation and the Use of Technology. New York: The Guilford Press, 2004.

B. Joyce, M. Weil, and E. Calhoun, Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon, 2004.

A. W. Santrock, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Published

2024-07-31

How to Cite

Rusnah, R., Boimau, M. S. ., & Duka, M. R. C. . (2024). Boardgame Gameko: Mengubah Pembelajaran Ekosistem Kelas 5 Menjadi Pengalaman Belajar Yang Asyik. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 2(1), 65–68. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/55

Issue

Section

Abstract viewed: 28 times

Most read articles by the same author(s)