Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Calistung Melalui Permainan Medi Karet

Authors

  • Simson Paulus Ndun SDI Sedeoen, Kec. Rote Barat
  • Theresia Wariani FKIP Universitas Katolik Widya Mandira
  • Mawinda S. Boimau SDI Sedeoen, Kec. Rote Barat

Keywords:

Medi karet, Aktivitas hasil belajar, Kemampuan mengelola pembelajaran

Abstract

Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan dasar untuk menumbuhkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan keterampilan merefleksikan pikiran dan ide siswa yang akan memberikan kemampuan siswa dalam menguasai bidang studi lainnya. Kelas 1 adalah  awal dan fondasi anak-anak belajar calistung. Realita di SDI Sedeoen, siswa kelas 1 belum mengenal huruf, apalagi mengeja suku kata, kata dan kalimat, menulis dan menghitung. Penggunaan Permainan Medi Karet diharapkan dan diyakini dapat meningkatkan aktifitas, keterlibatan dan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan  aktivitas belajar dan  hasil belajar melalui Permainan Medi Karet, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menggunakan media permainan Medi Karet. Rancangan penelitian menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus ada empat tahap yaitu Perancangan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media Medi Karet dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan calistung, meningkatkan hasil belajar, dan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noor, I. H. M., 2008, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jurnaldikbud. Kemdikbud.go.id.

Santrock, J. W., 2004, Jakarta: Prenadamedia Grup

Stine, EAL, -Morrow, LM Soederberg Miller, 2002 - Discourse Processing And Aging: Resource Allocation As A Limiting Factor, Constraints on language: Springer

Widodo, A., Kusumawati, Y. R., Efendi, EN., 2012, Pengaruh Penambahan Latihan Brain Gym Terhadap Kecakapan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun, unisayogya.ac.id

Sutini, A., 2018, Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2018 - ejournal.upi.edu

Kolan, Y. M., Rondonuwu, F. S., 2022, Pembelajaran Induksi Magnet Melalui Aktivitas Mencipta. Jurnal Media Edukasi dan Pendidikan, Vol.1, no.1

Mbate, FF., Wariani, T., AB Naen, 2022, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Inpres Rinalolon Melalui Pendekatan Saintifik Materi Magnet. Jurnal Media Edukasi dan Pendidikan, 2022 - jurnal-mep.id

Published

2022-12-31

How to Cite

Ndun, S. P., Wariani, T., & Boimau , M. S. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Calistung Melalui Permainan Medi Karet. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(2), 147–157. Retrieved from https://jurnal-mep.id/jmep/article/view/22

Issue

Section

Abstract viewed: 101 times