Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Calistung Melalui Permainan Medi Karet
Keywords:
Medi karet, Aktivitas hasil belajar, Kemampuan mengelola pembelajaranAbstract
Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan dasar untuk menumbuhkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan keterampilan merefleksikan pikiran dan ide siswa yang akan memberikan kemampuan siswa dalam menguasai bidang studi lainnya. Kelas 1 adalah awal dan fondasi anak-anak belajar calistung. Realita di SDI Sedeoen, siswa kelas 1 belum mengenal huruf, apalagi mengeja suku kata, kata dan kalimat, menulis dan menghitung. Penggunaan Permainan Medi Karet diharapkan dan diyakini dapat meningkatkan aktifitas, keterlibatan dan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar melalui Permainan Medi Karet, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menggunakan media permainan Medi Karet. Rancangan penelitian menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus ada empat tahap yaitu Perancangan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media Medi Karet dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan calistung, meningkatkan hasil belajar, dan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
Downloads
References
Noor, I. H. M., 2008, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jurnaldikbud. Kemdikbud.go.id.
Santrock, J. W., 2004, Jakarta: Prenadamedia Grup
Stine, EAL, -Morrow, LM Soederberg Miller, 2002 - Discourse Processing And Aging: Resource Allocation As A Limiting Factor, Constraints on language: Springer
Widodo, A., Kusumawati, Y. R., Efendi, EN., 2012, Pengaruh Penambahan Latihan Brain Gym Terhadap Kecakapan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun, unisayogya.ac.id
Sutini, A., 2018, Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2018 - ejournal.upi.edu
Kolan, Y. M., Rondonuwu, F. S., 2022, Pembelajaran Induksi Magnet Melalui Aktivitas Mencipta. Jurnal Media Edukasi dan Pendidikan, Vol.1, no.1
Mbate, FF., Wariani, T., AB Naen, 2022, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Inpres Rinalolon Melalui Pendekatan Saintifik Materi Magnet. Jurnal Media Edukasi dan Pendidikan, 2022 - jurnal-mep.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Simson Paulus Ndun, Theresia Wariani, Mawinda S. Boimau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.