Media Pembelajaran SmArtHome untuk Membelajarkan Literasi Digital Siswa SMP
Keywords:
SmArtHome, arduino, literasi digital, IoTAbstract
Tulisan ini mendeskripsikan pengaplikasian teknologi Internet of Things dalam media pembelajaran literasi digital bagi siswa SMP. Media pembelajaran ini berupa miniatur rumah cerdas yang mengaplikasikan sistem kendali jarak jauh dengan menggunakan smartphone dan rangkaian sederhana yang diberi nama SmArtHome. Smartphone dapat mengendalikan semua peralatan listrik yang ada dalam sebuah rumah tinggal dan dikendalikan dari jarak jauh sekaligus mengamati berbagai macam informasi yang diharapkan dengan menggunakan internet. Metode pengembangan yang ada pada SmArtHome ini menggabungkan beberapa teknologi, yakni: MIT APP Inventor, Arduino IDE, ESP32, sensor, dan rangkaian beban. Eksperimen telah diuji dengan hasil yang baik pada 3 buah sensor input, 7 beban lampu dan 1 kipas yang terpasang. Media SmArtHome bisa dikendalikan melalui aplikasi yang dibuat dengan Mit App Inventor dan dipasang pada smartphone dengan memanfaatkan koneksi wifi maupun internet yang dapat memberikan pembelajaran literasi digital bagi siswa.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I. 2018. Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Depdikbud.
Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Pendekatan Baru Sebagai Wujud Profesionalisme Guru Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Universitas PGRI Semarang.
Yohandri, A. 2016. Elektronika Dasar 1. Jakarta: Kencana.
Sadewo, A.D.B. 2017. Perancangan Pengendali Rumah Menggunakan Smartphone Android Dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 1: 415-425.
Dwiyono, J. 2016. Prinsip Elektronika Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Sandra, G. M. A., Sudjito, D. N., & Kristiyanto, W. H. 2017. Kajian Proporsi Aktivitas Fisik dan Kognitif pada Pembelajaran Aktif Fisika: Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 7(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ugan Sugandhi, Wahyu Hari Kristiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License.